RAYAP

Protonpedia - Informasi Seputar Hama

Rayap

Navigasi Halaman

(Dapat Diklik Langsung)

Deskripsi

Rayap adalah serangga kecil, bertubuh lunak yang hidup berkoloni bermasyarakat sehingga disebut serangga sosial. Suatu koloni dimulai dari sepasang laron. Selama awal musim hujan sesudah hujan di siang hari biasanya terlihat sekawanan serangga beterbangan sekeliling lampu-lampu pada petang hari.

Hanya sedikit orang – yang menyadari bahwa serangga-serangga inilah yang kelak manbentuk koloni-koloni rayap yang merusak rumah. Serangga yang beterbangan itu adalah pasangan reproduktif yang ter diri dari jenis jantan dan betina sehingga mampu berkembang biak. Sesudah penerbangan tersebut laron-laron itu jatuh ke tanah dan – menggosok-nggosokkan sayapnya pada permukaan yang kasar sehingga sayapnya rontok dan terlepas.

Laron jantan dan betina akan berpasangan dan berjalan mencari tempat naungan di bawah pot-pot bunga, batu-batu, potongan-potongan kayu atau apa saja yang dapat melindungi mereka terhadap musuh-rnusuh alami. Sang betina rnulai bertelur dan sang jantan menjaga telur-telur serta anak rayap atau nympha yang menetas dari telur itu. Sementara itu anak rayap akan menjadi banyak dan besar dan mereka mengambil alih fungsi ayahnya atau Sang Raja.

Perut Sang Betina akan bertambah besar karena kantong-kantong telur yang berkembang dan dapat menccapai ukuran yang sebesar jari manusia. Dari telur-telur tersebut dihasilkan berbagai macam bentuk dan jenis yang dinamakan kasta.

Ada anak rayap yang kepalanya besar dengan proyeksi seperti gunting pada ujung kepalanya. Anak rayap tersebut berkembang menjadi prajurit-prajurit. Sebagaimana terkesan dari namanya, fungsi mereka ialah melindungi koloni terhadap musuh-musuh alami seperti semut. Bentuk lain yang berkembang ialah rayap pekerja.

Rayap pekerja itu melakukan semua tugas pekerjaan koloni. Mereka mengurus dan merawat sang ratu serta memberinya makanan, memperluas sarang, mencari makanan, mengumpulkan telur-telur yang dihasilkan oleh sang ratu rayap dan menyimpannya dalam sebuah ruang khusus yang disediakan sebagai tempat mengurus/merawat anak-anak, menjaganya, memberi makanan para praju rit dan menjaga kebersihan sarang.

Sebenarnya mereka merupakan paduan dari arsitek, akhli teknik, perawat dan pelayan-pelayan biasa. Rayap prajurit serta rayap pekerja adalah mandul, sistim pembiakannya tidak berkembang. Kemudian masih ada bentuk lain yang dikenal sebagai bentuk ratu tambahan, mereka ini ialah ratu-ratu cadangan.

Apabila sang ratu mati, mereka mengambil alih fungsi untuk bertelur. Perut mereka tidak akan mencapai ukuran ratu-ratu aslinya, tetapi jumlah mereka yang banyak itu akan cukup mengatasi kapasitas bertelur seperti ratu yang asli. Dalam koloni yang lebih tua, kelak muncul jenis reproduktif, jenis yang keluar secara berkawan-kawan. Mereka ini yang akan membentuk koloni-koloni baru.

Cara Identifikasi Rayap

Beberapa species rayap bawah tanah telah ditemukan selama penelitian dan sering terdapat jenis rayap yang berbeda-beda pada bangunan – yang sama. Tidak dibuat klasifikasi serangan asal jenis rayap karena diidentifikasikan bahwa perbedaan kerusakkan yang disebabkan oleh perbedaan species sangat sedikit. Pada berbagai rumah contoh telah diketemukan juga serangan hebat oleh rayap kayu kering, baik yang menyerang bersama-sama dengan rayap bawah tanah, maupun yang menyerang sendiri-sendiri

Kasta Rayap

 

  1. Kasta Ratu (queen): tugasnya bertelur, makan  harus disuapin oleh kasta pekerja, termasuk membersihkan tubuhnya, bertelur lebih dari 2.000 butir/hari, mengatur komando/pemerintahan, tidak bisa bergerak jauh.
  2. Kasta Pekerja (worker); tugasnya  mencari makan untuk semua anggota kerajaan, termasuk mengangkut makanan ke sarang.
  3. Kasta Prajurit (soldier); tugasnya melindungi dan ratu dari bahaya, termasuk dari serangan semut.
  4. Kasta Laron (swarmer); jika sudah dewasa tugasnya untuk membent koloni kerajaan rayap yang baru ditempat lain, adanya laron berarti sudah terbetuk sarang rayap lebih dari 2 tahun.

Bahaya Rayap

Meskipun rangka atap bangunan telah menggunakan baja ringan, kusen pintu dan jendela terbuat dari bahan alumunium atau sejenisnya, tidak menjamin bangunan tersebut akan terbebas dari serangan rayap, mengingat rayap bisa memakan bahan apapun yang terdapat di dalam bangunan yang mengandung selulosa/zat kayu seperti gypsum, lantai parquet, sofa, kitchen set, wall paper, pallet kayu, kardus kemasan produk/barang, buku dan arsip-arsip penting lainnya bahkan pembungkus kabel listrik juga tak luput dari serangan rayap sehingga berpotensi menyebabkan kebakaran akibat hubungan pendek arus listrik.

Jenis – Jenis Rayap

Siklus Hidup Rayap

Perlindungan

Mengenai Pengendalian Rayap PT. PROTON GUMILANG selalu mematuhi undang-undang dan peraturan terkait dan kami melakukan kegiatan pengendalian yang tepat dan aman berdasarkan yang sudah diatur oleh Kementerian Kesehatan RI dan juga Standar Nasional Indonesia (SNI).

Self – Survey dan Checklist

Dicermati Terlebih Dahulu Sebelum Anda Survey Sendiri

 

1. Mengenai survey pada area lingkungan Anda, kami tidak ada bermaksud untuk membuat anda cemas berlebihan.

2. Mengenai survei Tikus dan permintaan pengendalian Hama Tikus, kami menyerahkan penilaian akhir sepenuhnya kepada Anda.

3. Pertanyaan yang kami gunakan untuk Self – Survey dan Checklist menggambarkan situasi umum yang sering terjadi pada client kami.

6. Jikapun hasil survey yang Anda lakukan sendiri adalah buruk, ada kemungkinan sesungguhnya tidak ada masalah sama sekali.

Jika Anda sudah memahami point – point diatas, silahkan diteruskan pada pertanyaan – pertanyaan survey dibawah ini.

Atas pengertian dan kerja samanya kami ucapkan Terima Kasih.

Pertanyaan – Pertanyaan Survey

Jawab Ya atau Tidak

 

Q1. Apakah anda pernah mencium seperti bau jamur pada lemari atau barang – barang Anda yang terbuat dari kayu?
Q2. Apakah Anda pernah melihat laron berterbangan pada halaman depan Aset Bangunan atau Rumah Anda? Seperti mereka mengitari cahaya lampu pada lingkungan Anda?
Q3. Apakah Aset Bangunan atau Rumah Anda sudah berdiri lebih dari 5 tahun?
Q.4 Apakah terdapat retakan pada keliling luar Bangunan atau Rumah Anda?
Q5. Apakah Anda sudah menggunakan Pengendalian Rayap terakhir pada 5 tahun yang lalu?
Q6. Apakah pada Aset Berharga Anda terdapat Lantai yang terdengar suara kosong atau bergeser?
Q7. Apakah terdapat Bunga atau juga sampah – sampah ranting atau pepohonan pada lingkungan Aset Berharga Anda?
Q8. Apakah Anda pernah melihat kegiatan Rayap pada Bangunan atau Rumah Anda?
Q9. Apakah terdapat kebocoran karena hujan pada Bangunan atau Rumah Anda?
Q10. Apakah Anda merasakan kelembaban pada Bangunan atau Rumah Anda tidak normal?
 

Jika Anda Menjawab “YA” Pada Pertanyaan – Pertanyaan Diatas

 

1. Jawaban “YA” pada 0-2 pertanyaan, Tingkat paling RENDAH. Tidak ada bahaya dan kerusakan oleh Rayap. Mohon dijaga lingkungan pada area sekitar Bangunan atau Rumah Anda tetap bersih.

2. Jawaban “YA” pada 3 pertanyaan, Tingkat RENDAH. Saat ini tidak ada kerusakan oleh Rayap, tetapi diperkirakan kerusakan akan terjadi di masa depan. Pengendalian Rayap perlu dipertimbangkan agar dapat mencegah kerusakan oleh Rayap sejak dini.

3. Jawaban “YA” pada 4 – 5 pertanyaan, Tingkat MENENGAH. Kerusakan oleh rayap mulai muncul. Agar tidak memperluas kerusakan, perlu mengambil langkah-langkah kontrol dari hari ke hari oleh Jasa Pengendalian Rayap.

4. Jawaban “YA” pada 6 – 7 pertanyaan, Tingkat CUKUP TINGGI. Segera hubungi Jasa Pest Control untuk Rayap agar kerusakan yang disebabkan oleh Rayap tidak bertambah. Karena kerusakan oleh rayap telah terjadi cukup lama, langkah-langkah perbaikan harus diambil sebelum kerusakan meningkat.

5. Jawaban “YA” pada 8 – 10 pertanyaan, Tingkat TIINGGI. Harap pertimbangkan Jasa Pengendalian Hama Rayap yang intensif agar dapat memberantas seluruh populasi Rayap pada lingkungan Anda. 

Pertanyaan Seputar Hama Rayap

Q1. Berapa Biaya yang diperlukan untuk mencegah dan juga membasmi Hama Rayap?

Untuk mencegah dan juga membasmi Hama Rayap perlu menggunakan beberapa jenis obat atau pestisida tergantung dari keadaan dampak kerusakan oleh Rayap dan juga lingkungan lokasi.

Maka dari itu, perlu dilakukan survey terlebih dahulu. Agar kami dapat menentukan jenis obat atau pestisida apa saja yang diperlukan untuk membasmi Hama Rayap pada Bangunan atau Rumah Anda. 

Konsultasi dan Survey kami GRATIS! Jadi jangan ragu untuk segera menghubungi kami.

Q2. Meskipun Bangunan atau Rumah Saya sudah berusia sekitar 15 tahun dan Saya juga tidak pernah bekerja sebagai Pengendalian Hama tetapi saya pernah pastikan sendiri bahwa Bangunan atau Rumah saya tidak ada yang dirusak oleh Hama Rayap. Jadi apakah saya masih perlu menggunakan Jasa Pengendalian Hama?

Tampaknya Bangunan atau Rumah Anda sudah pernah dilakukan Pengendalian Hama saat sedang dibangun. Namun, sesungguhnya Pengendalian Hama yang dilakukan saat pra – konstruksi memiliki daya tahan 5 tahun. 

“Pengobatan pengendalian rayap tidak diperlukan karena tidak ada kerusakan rayap,” perkataan ini adalah tidak benar, sebaiknya tetap dilakukan Pengendalian Hama pada Bangunan atau Rumah Anda secara berkala. Jauh lebih baik mencegah daripada sudah dirusak bukan? 

Jangan ragu untuk selalu konsultasi gratis dengan kami. Keselamatan aset properti berharga Anda adalah kepedulian kami.

Apakah Hasil Self – Survey dan Checklist mengatakan Anda harus menggunakan Jasa Pest Control?

Protonpedia – Informasi Seputar Hama