KECOA

Protonpedia - Informasi Seputar Hama

Kecoa

Deskripsi

Kecoa sangat dekat kehidupannya dengan manusia menyukai bangunan yang hangat, lembab, dan yang banyak terdapat makanan. Kecoa merupakan serangga yang hidup didalam rumah, gedung, kantor, rumah sakit, hotel, restoran, perpustakaan, di tempat sampah, saluran saluran air kotor, dan umumnya kehidupan kecoa berkelompok memiliki kemampuan terbang, menghindari cahaya oleh karena itu pada siang hari kecoa bersembunyi disela-sela atau tempat yang gelap dan aktif bergerak pada malam hari. 

Kecoa termasuk ke dalam serangga Ordo orthoptera. Orthoptera berasal dari kata orthos=lurus dan ptera=sayap (bahasa Yunani) dengan Famili Blattidae, kecoa atau lipas termasuk serangga malam yang cukup besar umumnya sebagai hama domestik walaupun ada yang tampil dalam jumlah besar, sebagian besar diantara 3.5000 spesies sama sekali tidak terikat pada lingkungan domestik. Serangga ini umumnya terdapat di kawasan tropis di negri-negri beriklim sedang. Beberapa spesies secara alami hidup di kawasan beriklim sedang antara lain kecoa kecil yang berwarna cokelat yang dinamakan Ectobius. Hama domestik yang sudah terkenal ialah Periplaneta americana, Blatta orientalis dan Blatta germanica. 

Kecoa adalah kelompok serangga purba banyak hidup pada zaman karbon (350-270 juta tahun yang lampau)  memiliki ciri- ciri rahang untuk mengigit dan mengunyah, tungkai yang cenderung serupa. Serangga ini dapat membuat makanan rusak dan dapat menimbulkan bau yang khas dengan kata lain cukup menjijikan. Kecoa ini termasuk hewan Omnivora dan serangga ini dengan  organisme mikro lain yang juga bersimbiosis ialah dengan bakteroid, ditemukan dalam sel-sel khusus tubuh kecoa. Organisme ini melengkapi kecoa dengan zatzat tertentu, dan meskipun serangga ini bisa lestari tanpa zat demikian, tetapi pada umumnya tidak sehat. Bakteroid dipindahan dari induk serangga kepada keturunanya di dalam telur. Kecoa merupakan serangga yang sulit dikendalikan karena lebih suka bersembunyi dicelah sempit. Walaupun serangga dewasa sudah musnah, ootecha tetap saja masih terlindung dalam keadaan utuh, sedangkan serangga muda bisa muncul dari ootecha beberapa saat setelah yang dewasa sudah dibasmi. 

Cara Identifikasi Kecoa
Kecoa adalah serangga dengan bentuk tubuh oval, pipih dorso – ventral. Kepala tersembunyi dibawah pronotum. Pronotum dan sayap licin, nampaknya keras, tidak berambut dan berduri. Berwarna coklat atau coklat tua. Panjang tubuhnya bervariasi, berkisar antara 0.6 sampai 7.6 mm.

Bahaya Kecoa

  • Kecoa atau kaki kecoa bila sampai tercampur ke dalam soup atau bubur ayam pada restoran kelas satu dapat membuat restoran tersebut kehilangan langganan. 
  • Ruang kantor, kabin pesawat terbang dan food court yang banyak terdapat kecoa menimbulkan kesan tempat tersebut kotor dan kumuh sehingga menurunkan reputasi tempat tersebut dimata pelanggannya.
  • Tubuh kecoa mengandung bakteri penyebab penyakit yang dapat tersebar melalui semua tempat yang dilewatinya, termasuk pada meja makan, rak piring, kemasan makan, hingga telpon dan keyboard komputer. 
  • Berbagai jenis bakteri  yang dibawa kecoa diantaranya adalah jenis bakteri penyebab penyakit kolera, TBC, diphteri, antrax, tetanus, dan disentri.

Jenis – Jenis Kecoa

Siklus Hidup Kecoa

Perlindungan

Mengenai Pengendalian Kecoa PT. PROTON GUMILANG selalu mematuhi undang-undang dan peraturan terkait dan kami melakukan kegiatan pengendalian yang tepat dan aman berdasarkan yang sudah diatur oleh Kementerian Kesehatan RI.

Self – Survey dan Checklist

Dicermati Terlebih Dahulu Sebelum Anda Survey Sendiri

1. Mengenai survey pada area lingkungan Anda, kami tidak ada bermaksud untuk membuat anda cemas berlebihan.

2. Mengenai survei Tikus dan permintaan pengendalian Hama Tikus, kami menyerahkan penilaian akhir sepenuhnya kepada Anda.

3. Pertanyaan yang kami gunakan untuk Self – Survey dan Checklist menggambarkan situasi umum yang sering terjadi pada client kami.

6. Jikapun hasil survey yang Anda lakukan sendiri adalah buruk, ada kemungkinan sesungguhnya tidak ada masalah sama sekali.

Jika Anda sudah memahami point – point diatas, silahkan diteruskan pada pertanyaan – pertanyaan survey dibawah ini.

Atas pengertian dan kerja samanya kami ucapkan Terima Kasih.

Pertanyaan – Pertanyaan Survey

Jawab Ya atau Tidak

Q1. Apakah Anda sering membuang sampah kemasan minuman tanpa dibilas atau dicuci terlebih dahulu?
Q2. Apakah Anda sering menumpuk piring kotor ditempat cucian piring?
Q3. Apakah terdapat banyak sampah yang dapat dibakar tertumpuk didalam rumah Anda?
Q.4 Apakah sering menumpuk sampah makanan (mentah) didalam Bangunan atau rumah Anda?
Q5. Apakah ditempat tetangga Anda muncul keberadaan Kecoa?
Q6. Apakah Anda jarang melakukan bersih – bersih pada Bangunan atau rumah Anda?
Q7. Apakah terdapat kotoran dari Kecoa atau mayat Kecoa pada Bangunan atau rumah Anda?
Q8. Apakah Anda sudah melihat keberadaan aktivitas Kecoa pada lingkungan luar Bangunan atau Rumah Anda?
Q9. Apakah Anda sering membuang sisa makanan?
Q10. Apakah Anda sudah sering sekali melihat aktivitas Kecoa didalam Bangunan atau Rumah Anda?

Jika Anda Menjawab “YA” Pada Pertanyaan – Pertanyaan Diatas

 

1. Jawaban “YA” pada 0-2 pertanyaan, Tingkat paling RENDAH. Tidak ada bahaya dan kerusakan oleh Kecoa. Mohon dijaga lingkungan pada area sekitar Bangunan atau Rumah Anda tetap bersih.

2. Jawaban “YA” pada 3 pertanyaan, Tingkat RENDAH. Saat ini tidak ada kerusakan oleh Kecoa, tetapi diperkirakan kerusakan akan terjadi di masa depan. Pengendalian Kecoa perlu dipertimbangkan agar dapat mencegah kerusakan oleh Kecoa sejak dini.

3. Jawaban “YA” pada 4 – 5 pertanyaan, Tingkat MENENGAH. Kerusakan oleh Kecoa mulai muncul. Agar tidak memperluas kerusakan, perlu mengambil langkah-langkah kontrol dari hari ke hari oleh Jasa Pengendalian Kecoa.

4. Jawaban “YA” pada 6 – 7 pertanyaan, Tingkat CUKUP TINGGI. Segera hubungi Jasa Pest Control untuk Kecoa agar kerusakan yang disebabkan oleh Kecoa tidak bertambah. Karena kerusakan oleh Kecoa telah terjadi cukup lama, langkah-langkah perbaikan harus diambil sebelum kerusakan meningkat.

5. Jawaban “YA” pada 8 – 10 pertanyaan, Tingkat TIINGGI. Harap pertimbangkan Jasa Pengendalian Hama Kecoa yang intensif agar dapat memberantas seluruh populasi Kecoa pada lingkungan Anda.

Pertanyaan Seputar Hama Kecoa

Q1. Berapa Biaya yang diperlukan untuk mencegah dan juga membasmi Hama Kecoa?
Untuk mencegah dan juga membasmi Hama Kecoa perlu menggunakan beberapa metode yakni seperti; Umpan dan Spraying.

Metode spraying akan sangat direkomendasikan jika populasi Kecoa di lingkungan lokasi sudah sangat amat parah. Metode ini sangat ampuh untuk memberantas hama Kecoa jika populasi sudah banyak.

Maka dari itu, perlu dilakukan survey terlebih dahulu. Agar kami dapat mengetahui dan menentukan apakah perlu dilakukan Umpan saja atau perlu juga dilakukan Spraying.

Konsultasi dan Survey kami GRATIS! Jadi jangan ragu untuk segera menghubungi kami.

Q2. Saya sudah pernah dilakukan sistem Umpan oleh Perusahaan Pest Control lain, namun faktanya hasilnya tidak efektif dengan sistem Umpan. Apakah ada cara lain yang lebih bagus?
Tampaknya Bangunan atau Rumah Anda sudah pernah dilakukan Pengendalian Hama saat sedang dibangun. Namun, sesungguhnya Pengendalian Hama yang dilakukan saat pra – konstruksi memiliki daya tahan 5 tahun.

“Pengobatan pengendalian rayap tidak diperlukan karena tidak ada kerusakan rayap,” perkataan ini adalah tidak benar, sebaiknya tetap dilakukan Pengendalian Hama pada Bangunan atau Rumah Anda secara berkala. Jauh lebih baik mencegah daripada sudah dirusak bukan?

Jangan ragu untuk selalu konsultasi gratis dengan kami. Keselamatan aset properti berharga Anda adalah kepedulian kami.

Apakah Hasil Self – Survey dan Checklist mengatakan Anda harus menggunakan Jasa Pest Control?

Protonpedia – Informasi Seputar Hama